Minggu, 13 Mei 2012

Terinjak-injak, Makam Keramat di Gunung Salak Rusak


Terinjak-injak, Makam Keramat di Gunung Salak Rusak

Rochmanuddin
14/05/2012 08:01
Liputan6.com, Bogor: Proses evakuasi korban Sukhoi Superjet100 yang sulit tampaknya membuat Tim SAR gabungan tak memperhatikan adanya sebuah makam kuno. Kini, makam yang dianggap keramat sebagian besar warga lereng Gunung Salak tampak rusak akibat terinjak-injak.

Kerusakan itu terlihat saat liputan6.com mengunjungi lokasi evakuasi korban SSJ100 pada Ahad (13/5) di Puncak Salak I atau kerap disebut Puncak Manik. Makam yang nisannya bertuliskan Raden KH Moh Hasan kini tertutup bongkahan semen dan kerikil.

Keramik putih yang terpasang di sisi kanan dan kiri makam itu pecah berkeping-keping. Hanya keramik di bagian atas dekat nisan yang masih terlihat utuh.

Lokasi makam itu memang tak jauh dari bangkai pesawat buatan Rusia itu. Jarak tempuh yang sulit dijangkau warga juga membuat makam tersebut lapuk dimakan usia.

Menurut penuturan warga, makam tersebut merupakan makam ulama besar yang dibangun sebelum penjajahan Belanda. Tak heran jika masyarakat sekitar lereng Gunung Salak kerap berziarah ke makam tersebut. Tak hanya itu, warga sekitar Gunung Salak juga meyakini makam tersebut bagian kekuatan mistik yang melindungi Gunung Salak dan sekitarnya.(MEL)

2 komentar: